Ingin Jadi Lelaki Yang Sholeh - Mencintai Dengan Sederhana

Post Top Ad

Responsive Ads Here

20 Jan 2013

Ingin Jadi Lelaki Yang Sholeh

Alhamdulillah .. berarti Anda berusaha untuk menjadi pria pilihan Allah. Pria yang saleh, adalah pria yang terbaik di dalam dunia. Meskipun dia hanyalah hamba Abdi yang standardnya rendah di mata manusia. Pria yang saleh, adalah yang tertinggi di sisi Allah SWT.

Hakikatnya, kita sebenarnya memiliki pilihan. Apakah akan menjatuhkan diri ke dalam kehinaan, atau memilih untuk memuliakan diri. Jadi, jika Anda memilih untuk menjadi pria yang saleh, ada beberapa tugas yang harus Anda lakukan. Tugas itu adalah:


1. MENCARI NAFKAH


Tugas mencari nafkah diberatkan kepada kaum pria karena kelebihan dalam penciptaannya yang berupa kekuatan fisik dan akal pikirannya. Jadi pria mampu untuk bekerja keras untuk mencari nafkah, memberi perlindungan dan pertahanan martabat kehidupannya terutama kepada keluarga, agama, bangsa dan agamanya.

Inilah sebabnya pria diangkat menjadi pemimpin & pelindung bagi kaum wanita. Karena itu, seorang pria muslim, pria dan suami yang saleh, tidak akan melalaikan tugas ini.
Dia wajib bekerja sesuai kemampuannya. Dalam melaksanakan tugas ini, dia haruslah memperbaiki niatnya yaitu ikhlas untuk mencari ridha Allah. Dia tidak akan merasa MALU untuk melakukannya sebaliknya gembira dan bangga terhadap pekerjaannya lebih lebih lagi hal yang halal.
Pria saleh tidak akan lupa untuk mengingat hari akhirat tetapi menjadikannya sebagai tujuan yang utama. Dia bekerja didunia untuk mencari keuntungan di akhirat, bukannya mengejar keduniaan semata. Dengan cara ini, usahanya akan selalu berhasil dan sukses didunia dan akhirat.

Seperti kata ulama Salaf yang berarti;
"Wahai anak Adam! Juallah duniamu dengan akhirat, maka engkau akan UNTUNG semuanya, tetapi jangan engkau jual akhirat dengan dunia, maka engkau akan RUGI semuanya. "
"Bagi orang orang yang telah mengerjakan kewajiban agamanya dengan baik, kemudian terasa capek pada malamnya, sehingga tidak dapat mengerjakan amalan-amalan sunnah, maka Allah dan Rasul-Nya memberikan jaminan dengan ampunan sepanjang malam yang dilaluinya dengan tidur yang nyenyak".
Inilah antara imbalan yang akan dikaruniakan kepada pria saleh yang mencari nafkah dengan keras.
Ada dua cara orang berusaha mencari nafkah seperti yang dianjurkan oleh ISLAM.


Pertama:
Hendaklah ia tidak melalaikan tugasnya terhadap Allah swt.dan janganlah ia meninggalkan nilai-nilai yang LUHUR.
Kedua:
Hendaklah dilakukan dengan cara yang halal, bersih dan tidak membawa apa apa pada diri orang lain dan tidak pula bertentangan dengan peraturan-peraturan umum.
Antara cara cara pencarian harta yang diharamkan oleh Islam adalah:

1. Riba
2. Penimbunan barang-barang yang menjadi hajat orang banyak
3. Perjudian dan perdagangan minuman keras

4. Terjadi penipuan dalam penimbangan dan konversi barang
5. Mencuri
6. Memakan harta orang lain dengan cara yang bathil seperti yang dijelaskan dalam surat An Nisa 4, ayat 29.

2. BERJIHAD FISABILILLAH


Jihad merupakan amal yang paling utama dan puncak ketinggian Islam. Tidak ada satu pun amalan saleh yang dapat menandingi Jihad. Orang saleh tidak sedikit pun merasa gentar dan takut ketika berjuang menegakkan agama Allah sebaliknya selalu tersenyum bangga menjadi seorang Pegawai Allah dengan gelar paling indah yaitu MUJAHIDIN.

3. MELINDUNGI DAN MEMBELA KAUM YANG LEMAH DAN TERTINDAS


Memang sejak akhir-akhir ini kaum kafir senantiasa mencari peluang untuk menindas dan menjajah negara-negara dan umat-umat Islam. Orang-orang yang saleh harus peka dan bersedia untuk bereaksi agar umat-umat Islam tidak akan ditindas dengan semena-mena oleh kaum tersebut.
"Wahai pria soleh ...! tugas dan tanggungjawabmu bukanlah ringan, bayangkan langit dan gunung tidak bisa membawanya. Kamu sajalah yang akan tampil dan mampu menyelesaikan persoalan besar ini. Orang-orang yang lemah dan sedang tertindas selalu menanti kehadiranmu. Mereka berdoa agar kamu segera tiba untuk menjadi pembela dan penolong bagi mereka. "
Inilah semboyan yang senantiasa terdengar dari golongan kaum yang tertindas dan mengharapkan bantuan. Karena itu pria yang saleh harus memainkan peranannya sebagai pembela agama baik secara langsung ataupun tidak langsung demi untuk mempertahankan kedaulatan agama Islam


4. MEMIMPIN DAN MENDIDIK ISTERI & KELUARGA

Mengajar dan membimbing dengan cara yang baik sehingga istri-istri yang tidak solehah menyadari akan kesalahannya dan mengganti cara hidupnya menjadi istri solehah.
Menangani istri dengan bijaksana sehingga dia menyadari hakikat yang sebenarnya dan bersedia mengubahnya.
Demikianlah cara-cara yang telah digariskan oleh Islam untuk mengatasi persoalan ketidaksesuaian suami istri dalam kehidupan rumah tangga. Bila mengalami kesulitan, pria saleh tidak akan cepat melatah dan bertindak menurut nafsu dan perasaan semata tanpa mempertimbangkan perasaan orang lain.

Pria saleh akan bertindak dengan cara yang lebih efisien dan bijaksana dan selalu meminta petunjuk dari Allah SWT. Dengan ini kebahagiaan rumahtangga akan dapat dipertahankan. Berlaku baik terhadap istri, suami yang saleh akan selalu menjaga kesejahteraan keluarganya terutama istrinya. Dia selalu menjaga hati dan perasaan pasangannya dan selalu menyenangkan istrinya. Mereka juga bertanggung jawab dalam mengelola urusan rumahtangga, dan bekerjasama dengan istrinya.

Sabda Rasulullah SAW:
"Orang yang terbaik diantara kamu adalah orang yang terbaik terhadap istrinya, dan aku adalah orang yang terbaik diantara kamu terhadap isteriku." (HR Ibnu Majah)
(akuislam)

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here