Select Menu

Puisi

Kisah Inspiratif

Jodoh

Artikel Doa

Cinta Karena Allah

Dunia Muslimah

Seputar Remaja

Dunia Putri

Tanya Jawab

» » Sulit Bergaul karena Kurang Cantik dan tak Miliki Bakat


Mas Owi Rabu, Mei 29, 2013 0



Assalammualaikum.
Bunda, saya perempuan 16 tahun. Saya ingin menceritakan masalah saya dan mungkin bunda bisa menanggapinya. Saya merasa punya masalah dalam bersosialisasi. Saya ini seorang yang merasa gak punya bakat yang menonjol, dan saya juga gak cantik. Saya dari kecil selalu diejek dan jadi bahan lelucon, bahkan sampai sekarang.

Satu lagi, saya merasa juga sulit mendapatkan teman laki-laki, saya merasa minder, dan saya juga merasa gak cantik. Ditambah lagi orang tua saya di rumah malah meledeki saya, itu tambah membuat saya sakit hati dan tertekan, melawan. Ortu saya juga sering membandingkan antara saya dan teteh.

Teteh saya sangat cantik, tentu saja dia mendapatkan banyak teman, bahkan teman lelaki. Tapi saya gak seperti teteh saya, saya hanya sering menangis sendiri, mengacak-ngacak diri saya. Saya juga sering banget ingin bunuh diri, entah berapa kali saya minum obat-obatan yang melebihi dosis yang dianjurkan. Saya merasa lelah dengan hidup saya, saya merasa tertekan, saya takut. Saya gak punya teman dekat yang bisa membantu saya, saya gak punya teman lelaki, saya gak punya kelebihan yang menonjol, saya merasa tersingkirkan, saya merasa hanya pantas jadi bahan lelucon. Jika kebanyakan orang tua berpikir seorang remaja punya banyak teman, punya teman lawan jenis, banyak bergaul, tau banyak hal di luar, saya gak seperti itu.

Yn- Cisarua

Waalakumsalam warahmatullah,Yn

Tidak perlu cemas, sayang. Pertama, kita bahas soal CANTIK yaaa. Siapa sih yang membuat definisi cantik itu adalah : PUTIH,..langsing....rambut lurus berkilau ?

Yang membuat definisi itu kan MEDIA dan TV. Lewat iklannya. Lewat artisnya. Bune dkk pernah RISET tentang kecantikan. Di tahun 90-an : cantik itu adalah : Kulit kuning langsat (cari deh iklan lotion yang jadoel di youtube). Rambut yang bagus itu bukan ke salon...tapi karena pake sampo bahan alami (merang...cem-ceman). Dan rambut rontok 100 lembar/hari itu masih terkategori ‘wajar’ di tahun tersebut.

Di tahun 80-an : cantik itu adalah ; Cewek yang tingginya max 155. Betisnya seperti PADI yang siap dipanen,itu baru cantik! Di Amerika sendiri, tahun 2013 ini...standar cantik mereka bukan lagi cewek yang kurus kerempeng. Tapi cewek yang badannya 'curvy'.

ARTINYA, cantik itu relatif. Cantik itu dibuat definisinya oleh media dan propaganda produk. Teteh kamu pasti PUTIH dan langsing ya? rambutnya lurus serta hitam? (bune sekedar nebak). Jika benar, maka ya..dia tipe yg cantik untuk tahun ini. Tapi apakah sisanya itu adalah wanita tidak cantik?

Bune sendiri sejak SMA kelas XI, akhirnya memilih untuk menjadi WANITA yang MENARIK. Bune sadar diri kalau gak cantik. Maka, bune usahakan ada sisi menarik pada diri bune. Daripada sibuk berkeluh kesah dan galau, bune lakukan beberapa hal (kamu mungkin bisa lakukan hal yang ‘serupa’) :

1. Tampil BERSIH.
Sekujur badan, sepatu, kaos kaki dan pakaian bersih. Seger. Wangi alami.

2. Tampil RAPI.
Rambut, pakaian, digosok sampai ‘licin’.

3. Tampil CERIA.
Orang lain ceria karena punya pacar, karena cantik, karena terkenal diantara kawan

lainnya... BIARIN ajah ! Cerialah karena telah menjadi diri kita sendiri. Original…dan tidak menjiplak siapapun :-)

Dengan menampilkan keceriaan, kita telah menyebarkan 'aura’ positif. Aura positif itu hanya akan MEMANTULKAN respon positif dari sekitar kita. dan it's work !

4. Gabungkan diri dalam aktivitas organisasi di sekolah.
Push dirimu untuk bertemu dengan orang banyak. Tidak usah pusing saat tidak punya bakat menonjol / menang dlm suatu hal. Karena kehidupan ini tidak melulu harus diisi dengan popularitas/mendali emas.

Next, utk apa sih pacaran? eksistensi ? gaul ? hihihhi... yang ada, malah kita Gak disayang Allah karena melanggar perintahNya.

Selagi kamu melarikan diri ke dalam kegundahan...frustasi...obat.... dan merisaukan semua kalimat orang, termasuk ejekan..dll. Kamu hanya akan membiarkan masa depanmu 'KABUR'.

Terkadang, ‘MENGABAIKAN’ itu langkah yang bisa tepat untuk situasi seperti ini. Bukan membangkang lho ya. Tapi cukup tunjukkan bahwa kamu punya ARUS KEHIDUPAN yang berbeda dari yang mereka jadikan sebagai sebuah standarisasi.

Met try it..gals. Berbahagialah setiap detiknya karena Allah SWT menciptakanmu lengkap secara fisik. Lisan yang dapat bicara, telinga yang dapat mendengar. Bersyukurlah atas itu semua, dengan cara tidak mengeluhkan apa-apa yang selama ini orang cemooh dari kita.

Oleh:
Bune Sukma Prawitasari, S.Psi, M.Psi., Psikolog
Dosen Output Character Building UII Yogyakarta
Pimpinan EePyC Consultant (Education & Empowerment Psychology Centre)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply