Mendekatkan Jodoh - Mencintai Dengan Sederhana

Post Top Ad

Responsive Ads Here

5 Jun 2013

Mendekatkan Jodoh



Jika ingin dicintai oleh manusia, pastikan itu adalah cinta yang dapat mendekatkan diri kepada Allah. Maksud sabda Rasulullah saw: "Kasihanilah apa yang ada di muka bumi niscaya kamu akan dicintai oleh mereka yang berada dilangit"

Buka Hati dan Pikiran untuk Menerima Cinta

Kita harus menyadari fakta pentingnya ikatan pernikahan untuk menjamin kebahagiaan dan kesejahteraan hidup pada hari - hari mendatang. Kita tidak bisa melampaui fitrah dengan meniadakan kebutuhan untuk mencintai dan dicintai. Ini merupakan sunnah yang ditunjukkan oleh Rasulullah saw Beliau membangun ikatan pernikahan berikutnya menjalin ikatan cinta sejati dengan semua anggota rumahnya.

Oleh sebab itu, bagi orang yang sudah siap untuk berumah tangga, bukalah pikiran untuk menerima cinta dan rela dirinya dicintai. Cinta itu mudah datang kepada mereka yang bersedia untuk menerima cinta, terutama orang yang memiliki kemampuan. Perlu dipahami, remaja yang masih bersekolah seperti gadis berusia 16 tahun tidak termasuk dalam golongan yang telah bersedia

Memberi Pandangan Makrifat

Cinta dimulai dari pandangan mata, lalu turun ke hati. pandang sekali dengan pandangan makrifat adalah harus namun pandangan yang berlebihan membawa dosa. Islam menganjurkan umatnya menundukkan pandangan pada sesuatu yang diharamkan.
Perempuan tidak suka pada pria yang rambang mata. Bagi mereka, pria semacam gatal orangnya dan tidak akan setia. Dari Abu Musa, Rasulullah s.a.w. bersabda: "Setiap pandangan mata yang haram adalah pezina dan sesungguhnya ketika wanita itu mengenakan wewangian kemudian dia berlalu menghadiri acara, maka dia adalah pezina" (Riwayat al-Nasa'i)
Demi terpeliharanya hubungan baik antara kedua - dua suami isteri, maka agama Islam memerintahkan untuk melihat calon masing - masing. Dengan demikian, hal itu akan membawa keharmonisan bagi kedua - duanya.

Fokus dan Tulus kepada Bakal Pasangan

Jangan sesekali mempermainkan perasaan orang lain dan terlalu sering berubah - ubah fokus memilih jodoh. Mohon bantuan Allah agar dipertemukan dengan seseorang yang ideal untuk dijadikan calon pasangan. Kemudian, fokus untuk memenangkan hati orang tersebut dan bersikap tulus terhadapnya.

Jika malu untuk mengungkapkan keinginan hati, gunakan perantaraan orang tengah atau dengan cara mengirim pesan, seperti: "Ya Allah, aku sayang kepada wanita yang bernama Asiah Yusra ini, semoga dia juga akan sayang kepadaku. Peliharakanlah kami redha-Mu. "

Insyaallah dengan cara ini kita juga mengirim gelombang pikiran kepada bakal pasangan untuk menarik sayangnya kepada kita

Jangan Lewat Menyatakan Hasrat di Hati

Andai kata seseorang wanita meminati pria, luahkan dengan memperhitungkan cara yang sopan santun dan tidak merendahkan diri. Misalnya, dengan perantaraan seorang teman yang bisa memperkenalkan diri si perempuan kepada si pria yang diminati. Ketika mereka dipertemukan, pria akan menganggap dia yang memulai dahulu walau kenyataannya si gadis yang memulainya.

Pria juga jangan terlalu lama berpikir jika sudah meminati seorang perempuan. Luahkan hasrat hati dengan bijaksana agar dapat menambat hati si gadis. Apabila lewat menyatakan hasrat, ditakuti gadis idaman dikebas orang.

Berkomunikasi dengan Ramah dan Bersemangat

kita harus menitik beratkan agar komunikasi terjadi dalam suasana yang tidak menimbulkan fitnah. Contohnya, mahram hadir bersama atau suasana berkomunikasi itu melibatkan banyak orang.

Seseorang yang pandai berkomunikasi dengan siapa saja dan dalam apa - apa jua situasi akan menyebabkan orang mudah jatuh cinta terhadapnya. Seseorang itu dikatakan pandai berkomunikasi ketika dia berkomunikasi dengan lisan, mata, hati dan gerak tubuh. Komunikasi juga adalah secara sopan santun dan bersungguh - sungguh. Islam mengatur cara hidup buat manusia yang beriman, turut mengatur tatasusila dalam berkomunikasi
Rasulullah bersabda: "Barang siapa yang beriman kepada Allah dan adanya hari kemudian, harus dia berkata baik atau diam". (Riwayat Al-Bukhari)

Rasulullah bersabda yang artinya: "Orang mukmin itu bukanlah orang yang suka mencela, melaknat, buruk perangai dan berkata kotor" (Riwayat al - Bukhari)

Beri Perhatian pada Persamaan dan Yang Disukai Pasangan

Jika kita berbicara dengan pasangan, kita harus memastikan percakapan itu terjadi dalam suasana yang tidak menimbulkan fitnah. Fokus sepenuhnya ketika chatting. Jangan lakukan pekerjaan lain seperti membaca buku, mengirim teks sms atau seringkali menjawab panggilan ponsel

Tunjukkan kompatibilitas dan persamaan dengan berfokus pada Topik yang disukai pasangan. Insyaallah, pasti terdetik di hati si dia bahwa kita seorang yang memiliki persamaan dengannya, memahami minat dan kompatibel dijadikan pasangan hidup.

Pandai dan Hollywood Didampingi

Setiap orang yang ingin dicintai harus mengevaluasi diri dan membuang perangai buruk yang dibenci oleh orang lain. Ambil inisiatif dan luangkan sedikit waktu untuk mendampingi orang lain. Selain waktu, terkadang kita membutuhkan biaya untuk mendampingi orang lain.

Disamping itu, kita harus berlapang dada didampingi orang lain. Jangan merasa orang lain sebagai penggangu atau pencuri waktu kita yang berharga. Kita harus mencari jalan merasakan kesenangan didampingi orang lain. Orang yang menyenangkan didampingi dan pandai mendampingi adalah insan yang disenangi orang lain. Mudahlah dirinya untuk dicintai.





Mudah Menceritakan Hal Pribadi

Tunjukkan rasa kepercayaan kepada bakal pasangan dengan mudah bercerita tentang pribadi karena karena jika mudah kita bercerita hal pribadi kepadannya, semakin mudah juga dia akan bercerita hal pribadinya. Hal pribadi yang diceritakan perlulah wajar dan tidak keterlelaluan.

Namun harus diingat bahwa berbicara dengan calon pasangan tanpa tujuan dan tanpa mahram bisa menimbulkan fitnah dan dapat menjadi racun bagi hati. Suasana yang dimaksudkan harus terjadi dalam suasana yan diizinkan syariat seperti ada mahram bersama, dalam suasana merisik percakapan itu terjadi dengan melibatkan banyak orang.

Melayani Bakal Pasangan dengan Mesra

Dengan melayani disini perlu dipahami dengan kaca mata agama. Memperlakukan bakal pasangan tidak berarti merelakan zina mata dan hati, apalagi zina besar. Melayani yang dimaksudkan adalah untuk menunjukkan penerimaan, penghargaan dan penghormatan kepada bakal pasangan seperti sudah lama berteman

Perlu dingat, selagi belum terjalin ikatan yang sah secara syariat, kita tidak diizinkan keluar berdua - duaan, bersentuhan, berpengangan tangan dan chatting - chatting tanpa persyaratan. Semua itu merupakan racun bagi hati dan akan mengakibatkan cinta menjadi sesuatu yang menyakitkan, jijik dan jauh dari rahmat Allah. Maka, cinta itu akan menjadi cinta yang berlandaskan nafsu semata - mata

Memberi Kasih Sayang untuk Menarik Kasih Sayang Orang Lain

Sebagai hamba Allah, kita harus membuat sayang kepada Allah sebagai cinta yang paling utama. Cinta kepada Allah adalah cinta hakiki yang tidak dapat ditandingi keagungannya oleh siapapun dalam kalangan makhlukNya. Cinta akan Rasulullah pula cinta yang akan menyusul setelah cinta Allah.

Bila ingin dicintai oleh manusia, pastikan ia cinta yang dapat mendekatkan diri kepada Allah. Sabda Rasulullah saw yang artinya: "Kasihanilah apa yang ada di muka bumi niscaya kamu akan dicintai oleh mereka yang berada di langit." (Riwayat Abu Daud)

Misalnya, seorang wanita sangat sayang kepada hewan, seperti kucing. Dengan izin Allah, mungkin kucing itu bisa menjadi sebab pertemuannya dengan calon pasangan tanpa disangka. Mungkin, merek dipertemukan karena masing - masing mencoba menyelamatkan seekor kucing dari ditabrak truk atau sebagainya. Yakinlah, orang yang mudah memberi sayang akan mudah mendapat sayang bahkan sekadar memberi kasih sayang kepada binatang!

Jangan Terlalu Jual Mahal

Seseorang wanita harus berhikmah dalam menampilkan dirinya sebagai memiliki martabat dan kualitas. Dia tidak harus terlalu menyombongkan diri dengan pria sehingga menolak mentah - mentah ketika dilamar. jika dia tidak suka akan seseorang pria, maka berterus teranglah secara baik atau menyuruh pria tersebut memasrahkan harapan kepada Allah swt karena apabila sudah jodoh tidak ke mana. Faktanya, Allah jualah yang menentukan titik pertemuan.

Wanita tidak harus terlalu mendambakan kasih sayang dari seseorang pria lantaran hati sudah jatuh cinta. Dia harus bersikeras dan memiliki pendirian, agar menghormatinya tidak jatuh ke tangan pria. Umumnya, pria suka mengambil kesempatan terhadap wanitayang harga dirinya agak murah. Selain itu, hilanglah kualitas wanita itu dimata pria ketika dia terlalu "tergedik - gedik" minta dicintai!

Oleh: Dato 'Dr. Hj. Mohd. Fadzilah Kamsah(pc)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here