Select Menu

Puisi

Kisah Inspiratif

Jodoh

Artikel Doa

Cinta Karena Allah

Dunia Muslimah

Seputar Remaja

Dunia Putri

Tanya Jawab

» » » Cara Atasi Bad Mood Saat Haid


Mas Owi Minggu, September 22, 2013 0

APA yang Anda rasakan ketika tengah ‘datang bulan’? Berjuta rasanya, macam-macam. Mulai dari lebih mudah marah, nafsu makan hilang atau sebaliknya malah inginnya mengunyah makanan terus menerus.


Ada juga yang mengeluh sering tidak konsen atau fokus melakukan apapun. Inilah yang dinamakan premenstrual syndrome. Mau apa-apa jadi terasa susah. Bad mood, memang harus diatasi. Berikut ini adalah tips untuk menghalau “bad mood” yang mengganggu produktivitas dan kreativitas kita.

1. Olahraga


Dengan melakukan gerakan-gerakan olahraga hingga berkeringat, zat endorphine akan dikeluarkan oleh tubuh. Pengeluaran zat kimia alami tubuh ini membuat tubuh merasa nyaman karena zat ini tergolong zat yang bersahabat buat otak dan juga dapat menghilangkan rasa sakit. Itulah kenapa orang yang senang olahraga selalu terlihat fit dan happy.

2. Tertawa

Tertawa untuk alasan yang tidak lucu dan sendirian kadang susah dilakukan. Tetapi tidak berarti tidak bisa. Jika memang tidak ada obyek yang bisa membuat kita tertawa, paksakanlah untuk tertawa. Ambil cermin, lihat diri sendiri dan tertawalah. Tidak perlu berpikir bahwa kita sedang melakukan hal konyol. Katakan bahwa kita sedang mengendalikan perasaan tidak enak dalam diri kita. Orang bijak bilang “orang yang sehat adalah orang yang mampu menertawai dirinya sendiri.”

3. Relaksasi

Relaksasi banyak macamnya. Ada yang membayangkan suasana pantai yang indah dengan empasan ombak dan embusan angin menerpa wajah. Atau membayangkan suasana pegunungan yang hijau asri dengan bunyi air terjun yang menerpa batu-batu. Atau membayangkan apa saja yang kita sukai. Ada juga relaksasi otot, yaitu dengan menegangkan dan mengendurkan otot-otot. Coba tegangkan otot-otot di tubuh kita, rasakan otot yang menegang itu. Lalu kendurkan perlahan-lahan. Rasakan bedanya ketika dalam keadaan tegang dan kendur.

4. Menangis


Menangis, salah satu cara mengurangi ketegangan. Dengan menangis, zat-zat yang tidak baik buat otak seperti adrenalin yang menyebabkan ketegangan dan kecemasan bisa berkurang karena ikut keluar bersama air mata sehingga kita akan merasa baikan.

5. Berpikir positif


Perasaan-perasaan negatif umumnya berasal dari pikiran negatif. Apa yang kita pikirkan akan memengaruhi perasaan kita. Maka, untuk mengubah perasaan-perasaan negatif itu kita bisa melakukannya dengan mengubah isi pikiran kita. Pikiran-pikiran negatif digeser ke pikiran yang positif. Misalnya dengan mengingat hal-hal yang menyenangkan. Bisa juga dengan mengingat impian-impian atau cita-cita kita.

6. Curhat

Pergilah ke salah satu teman atau temu suami Anda dan berceritalah. Dengan bercerita, beban kita akan terkurangi. Pilihlah orang yang benar-benar bisa kita percayai dan bisa mendengarkan sehingga kita merasa aman untuk bercerita. Ceritakan apa yang membuat kita bad mood.

7. Tidur

Dari beberapa tips di atas, kita bisa coba semuanya lalu tentukan mana yang lebih efektif buat kita. Dengan begitu kita tidak akan lagi dikuasai oleh emosi-emosi negatif sehingga kita tidak perlu bad mood lama-lama.

Jangan lupa iringi dengan amal sholeh yang masih bisa dilakukan saat haid, seperti shodaqoh, mendengarkan bacaan al-Quran, atau membaca buku. Bisa juga dengan menyendiri beberapa saat, karena terkadang diri kita ini membutuhkan waktu untuk merenung dan menyendiri. Biasa disebut dengan me time.

[hf/islampos/rki]

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply