Select Menu

Puisi

Kisah Inspiratif

Jodoh

Artikel Doa

Cinta Karena Allah

Dunia Muslimah

Seputar Remaja

Dunia Putri

Tanya Jawab

Diceritakan oleh Ubadah bin Shamith, suatu ketika Rasulullah SAW berada di tengah-tengah para sahabatnya, dan beliau bersabda, “Jual belilah kalian kepadaku dengan tidak menyekutukan Allah, tidak mencuri, tidak berzina, tidak membunuh anak-anakmu, tidak melakukan kebohongan yang kalian sertai dengan kaki dan tanganmu, tidak bermaksiat dalam kebaikan, siapa saja yang menepati hal ini maka Allah akan memberinya pahala. Dan, siapa saja yang tidak melakukannya maka akan diazab di dunia dan dia akan kafir. Tetapi, siapa yang telah melakukannya dan benar maka Allah akan menutupinya. Itu semua kembali kepada Allah. Beliau lebih berhak mengazab dan memaafkan.”

Maraknya dekadensi moral saat ini sangat jauh dari pesan yang disampaikan Rasulullah SAW seperti bunyi hadis di atas. Yang dapat dipetik dari riwayat Ubadah adalah ada beberapa tindakan yang digarisbawahi karena dampak negatifnya sangat besar dan membahayakan.

  • Allah SWT juga berfirman dalam QS al-Isra 31-37. Kemudian Allah menutupnya dengan berfirman, “Dan semua kejahatan yang telah disebutkan merupakan perbuatan yang paling dibenci oleh Allah.” (QS Al-Isra 38).

Tetapi, sangat biasa bagi umat Islam menemui tragedi kejahatan sebagaimana yang telah terlarang. Semua ini mengindikasikan tindakan kotor yang sangat ditakuti umat Islam justru menjadi suatu perkara lumrah dan telah biasa dilakukan oleh orang Muslim sendiri. Bahkan, tidak malu-malu ketika tertangkap membunuh, mencuri, atau berzina. Mereka berusaha mengelak dengan membawa nama Allah.

Tindakan tersebut tidak jauh berbeda dengan langkah Fir’aun ketika dia telah tersudut dalam kekalahannya menghadapi kebenaran yang dibawa Musa AS.

  • Allah SWT berfirman, “Dan kami selamatkan Bani Israil melintasi laut, kemudian Fir’aun dan bala tentaranya mengikuti mereka, untuk menzalimi dan menindas Bani Israil. Ketika Fir’aun hampir tenggelam dia berkata, ‘Aku percaya bahwa tidak ada tuhan melainkan Tuhan yang dipercayai oleh Bani Israil, dan aku termasuk orang Muslim’.” (QS Yunus 90).

Tenggelam merupakan suatu contoh cobaan berbahaya yang tak satupun orang dapat mengingkari. Namun, intisari yang dapat dijadikan pelajaran adalah bagaimana Allah tidak menerima taubat Fir’aun, padahal telah bertaubat sebanyak tiga kali dalam redaksi di atas.

Imam Fakruddin Arrazi menguraikan beberapa alasan, di antaranya karena taubat dalam keadaan terpaksa ketika ketetapan telah datang.

Fir’aun menjadi salah satu sosok yang dijadikan contoh dalam Alquran dengan membawa karakter yang senonoh dan pada akhir hayatnya ingin kembali kepada Tuhan. Namun, Allah menjadikan keinginan Fir’aun berbalik karena dampak dari perbuatannya yang ingkar dengan kebenaran.

  • Allah SWT berfirman, “Keadaan mereka seperti pengikut Fir’aun dan orang-orang sebelum mereka yang mendustakan ayat-ayat Kami. Allah menyiksa mereka karena dosa-dosanya. Allah sangat berat hukuman-Nya.” (QS 3:10).

Yang dapat dipetik dari tulisan di atas adalah karakter Fir’aun yang dijadikan objek dalam Alquran kini semakin tampak kentara melingkupi perilaku Muslim. Wallahu a’lam.(Khoirul Anwar Afa)
Bukan mudah untuk kita melupakan kekasih lama . Kekasih yang telah kita kenal sejak lama , tiba - tiba pergi begitu saja . Hubungan yang dibangun selama ini , putus seperti tidak ada apa yang pernah terjadi .

Meskipun hidup harus diteruskan , tetapi hati dan pikiran masih tetap teringat pada si dia . Orang yang pernah kita sayang , orang yang pernah kita gaduh , orang yang pernah kita mengusik dan bermanja . Bukan mudah untuk melupakan semuanya , kan ?

Tetapi jika Anda benar - benar ingin melupakan si dia , di sini saya kongsikan 12 cara bagaimana untuk melupakan kekasih lama .

1 . Daftar hal - hal yang Anda ingin lakukan selama ini yang Anda tidak pernah lakukan : Selama Anda berkenalan dengan kekasih lama , Anda memiliki banyak hal yang ingin Anda lakukan . Tapi karena kendala waktu dan komitmen dalam hubungan membuat Anda tidak berkesempatan untuk melakukannya . Dengan mencantumkan hal - hal yang Anda ingin lakukan ini akan membuat Anda dapat melihat betapa banyaknya hal lain yang dapat Anda lakukan selain mahal kekasih lama yang tidak lagi bersama Anda .

2 . Ceriakan diri Anda : Memang sulit untuk melalui hari - hari tanpa si dia di sisi . Diri terasa sepi , sunyi tanpa teman . Tapi hidup harus diteruskan . Meskipun berbagai dugaan yang dilalui , Anda harus kuat untuk melanjutkan kehidupan Anda . Mulai sesuatu yang baru . Setidaknya Anda akan merasa senang karena memiliki pengalaman baru .

3 . Jumpa dengan teman - teman lama : Atau bertemu dengan teman - teman baru Anda . Salah satu cara untuk Anda berkenalan dengan teman baru adalah dengan bergabung asosiasi atau klub yang sama minat dengan Anda . Mungkin Anda minat pada kucing . Jadi apa kata Anda cari fanpage penggemar kucing di Facebook seperti Dunia Kucing misalnya , dan berkenalanlah dengan penggemar kucing yang lain .

4 . Brainwash dan gunakan akal logis untuk menghilangkan perasaan sedih : Jika pasangan Anda sebelum ini menyusahkan hidup Anda , jadi mudah untuk Anda melupakannya . Apa yang perlu Anda lakukan adalah imbas kembali benda - benda negatif yang menyakitkan hati yang pernah si dia lakukan . Itu akan membuat Anda semakin menyampah untuk ingat pada kekasih lama itu . Tetapi , jika si dia adalah seorang yang baik , mungkin sedikit sulit untuk Anda melupakannya . Anda harus senang karena Anda diberikan kesempatan untuk bertemu dan berkenalan dengan seorang kekasih yang baik hati . Setiap hal yang terjadi pasti ada hikmahnya . Mungkin kebaikan yang Anda terima dari si dia selama ini adalah untuk membuat Anda lebih kuat untuk hubungan Anda yang akan datang .

5 . Hargai dirinya : Walau apapun yang pernah terjadi antara Anda dengan si dia , maafkanlah segala kesalahan dan kesalahannya . Jika Anda berani , bertemu dan berhadapan dengan dia . Nyatakan kepadanya yang selama ini sangat terasa hati ketika bersama dengannya . Tapi , katakan juga yang Anda telah memaafkan segala kesalahan yang telah si dia lakukan . Ini akan membuat diri Anda merasa lebih lega karena telah memaafkan dan membebaskan perasaan dendam yang tersimpan dalam diri Anda selama ini .

7 . Pandanglah jauh ke depan : Ingatlah , kehidupan ini adalah untuk memberi dan menerima . Tidak selalu dengan bercinta hanya akan membuat diri Anda ceria . Ada banyak lagi hal lain yang memungkinkan Anda untuk pergi jauh ke depan . Jadikan segala apa yang terjadi pada diri Anda selama ini sebagai pelajaran yang berarti dalam diri Anda . Secara tidak lansung , perasaan sedih dan kekhawatiran Anda akan hilang dengan sendirinya .

8 . Kuatkan semangat : Jangan mudah putus asa dan berhenti berharap . Anda harus kuatkan semangat Anda . Meskipun si dia telah pergi meninggalkan Anda , tetapi Anda sebenarnya masih memiliki hal lain yang bisa menyenangkan hati Anda . Kembalilah kembali mengingat Allah Yang Maha Esa . Mungkin selama ini Anda lalai dan lupa kepada siapa yang harus Anda curahkan perasaan dan derita . Kembalilah kepada , dan bersyukurlah karena Allah masih menyanyangi Anda dengan memberikan tes - tes seperti ini agar Anda tidak menyimpang jauh dariNya .

9 . Hindari dari bercerita tentang kekasih lama Anda : Benda yang berlalu , usahlah dikenang . Yang pergi , biarkan ia berlalu pergi . Janganlah Anda asyik berceritakan tentang kekasih lama Anda ke teman - teman Anda . Semakin banyak Anda ceritakan kisah - kisah lama dengan teman , semakin meluat dan pengap mereka rasa . Jangan pula sampai teman meninggalkan Anda pula . Bila Anda sendirian , semakin sukarlah untuk Anda melupakan pasangan Anda itu nanti .

10 . Hapus semua : Ya , padamkan segala pesan - pesan SMS , panggilan telepon , atau no phone si dia dari handphone Anda . Ini mungkin menyakitkan , mungkin sulit , tetapi itu adalah kebaikan untuk Anda untuk melupakannya . Setelah semua , Anda tidak membutuhkannya lagi , kan ? Tidak guna untuk Anda menyimpan segala kenangan itu semua dalam handphone dan laptop Anda . Lempar saja .

11 . Hindari sendirian : Bila Anda sendirian , Anda akan cenderung untuk mengingat kembali kekasih lama Anda . Untuk itu , adalah lebih baik jika Anda melakukan hal - hal lain atau berkonsultasilah dengan teman Anda . Jangan duduk sendirian dan memasang lagu - lagu romantis yang biasa Anda berdua dengar bersama - sama pada suatu ketika dahulu . Saya tahu , setiap pasangan pasti memiliki " lagu tema " mereka masing - masing . Jika Anda ingin melupakan si dia sepenuhnya , hindari dari mendengar lagu tema Anda berdua .

12 . Menyingkirkan segala benda yang membuat Anda ingat pada si dia : Ini mungkin satu tindakan yang drastis , tetapi ianya satu cara yang paling terbaik untuk Anda melupakannya . Menyingkirkan segala benda yang membuat Anda ingat pada kekasih lama . Jika si dia pernah berikan Anda jam tangan , boneka beruang , baju , atau apa saja , buang saja ke dalam tong sampah . Jika Anda masih ada perasaan belas kasihan , pulangkan kembali barang - barang itu kepada si dia . Anda tidak membutuhkannya lagi . Anda ingin melupakannya . Jadi buang saja benda - benda tersebut yang tidak lagi berarti dalam hidup Anda .

Ingatlah , walau apapun yang terjadi dalam hidup kita , pasti ada hikmahnya . Cuma kita saja yang belum menemukan dan merasakan kebaikan atas apa yang telah terjadi pada diri kita .

Hidup tidak semstinya selalu indah . Kadang - kala kita di atas , terkadang kita di bawah .

Memang sulit untuk melupakan orang yang kita sayang , tetapi demi diri kebaikan diri sendiri jugalah kita harus berusaha melupakan kekasih lama .

Saya doakan agar Anda tabah , dan kuat menghadapi tantangan liku - liku kehidupan dalam percintaan . :) (tentangcinta)